Tips dan trik mengetahui dan menguasai grammar to infinitive

Saturday, February 11th, 2012 - grammar

 to infinitive : Tips dan Trik

Nah bagi sebagian dari sahabat mungkin sudah membaca tentang beberapa penjelasan dari guru, dosen, baik dari buku maupun internet tentang materi to infinitive. Tapi sayangnya bukannya pemahaman yang didapat tapi malah jadi tuambah bingung!! Ya itu itulah memang kendala belajar bahasa Inggris, kalau tidak tahu seluk beluk tentang suatu materi atau tau seluk beluknya tapi cuma setengah-setengah ya jadinya seperti ini, jadi bingung sendiri. Oke mudah-mudah tips dan trik ini bisa membuat pikiran sahabat menjadi terbuka dan menambah pengetahuan tentang materi to infinitive.

  • Mengenali to infinitive

Jadi bagaimana suatu to infinitive pada suatu bacaan dan kalimat bahasa inggris yang banyaknya sampai-sampai bikin mata pusing? Pertama dan yang paling utama adalah kita harus tau bahwa kata kata yang memakai “to” dan setelahnya ada kata kerja maka hal tersebut tidak lain tidak bukan adalah “ TO INFINITIVE”. Dengan kata lain jika sahabat melihat ada kata to read, to jump, to eat, to drink, to get, to push dkk maka semua itu adalah to infinitive.

  • Infinitive Menggunakan Kata Kerja Pertama ( Verb 1 )

Ingat! To infinitive itu menggunakan kata kerja pertama. Jadi harap dipastikan bahwa setelah kata “to” haruslah disertai dengan kata kerja bentuk pertama ( verb 1 ).

Secara sederhana dapat disimpulkan

to + verb1 = infinitive

Contoh :

He promised to come tomorrow ( come adalah kata kerja pertama )

  • Infinitive Bukan Kata Kerja

Infinive menggunakan kata kerja tapi dia bukan sebagai kata kerja. Jadi jangan sesekali menambahkan huruf s, es, ed, ataupun ing setelah kata kerja yang di ikuti to. Contoh sederhana begini :

I want to go to school ( Benar )

I want to going to school ( Salah )

  • Infinitive juga bisa tidak memakai to

Pada kasus kebanyakan infinitive itu disertai dan dimulai dengan to. Akan tetapi ada beberapa pengecualian. Pengecualiannya adalah ketika infinitive itu diikuti oleh kata-kata tertentu maka infinitive itu tidak boleh menggunakan to. Nah kata-kata apa sajakah itu? Kata tersebut antara lain : feel, hear, help, let, make, see, dan watch

Contoh

Roy Suryo went to the airport to watch passenger planes take off and land

I said a prayer when I saw my friends mount the roller coaster

Oke mudah-mudahan sedikit tips ini bisa menambah cara berpikir kita mengenai materi Infinitive.

Selamat Belajar

Leave a Reply