Tips cepat menguasai kata sambung / conjunction

Monday, March 12th, 2012 - grammar

Nah pada postingan sebelumnya tentang kata sambung ( conjunction ) kita telah mengetahui jenis-jenis kata sambung yang terdapat suatu kalimat dalam bahasa inggris. Namun, dikarenakan kata sambung yang digunakan oleh orang barat itu cenderung dan seringkali bermakna ganda, kita seolah menjadi kebingungan sendiri dengan makna kata sambung tersebut.

Nah tips yang paling jitu untuk memahami kata sambung tersebut antara lain adalah :

1.  Kita harus tau terlebih dahulu makna-makna dari kata sambung itu sendiri.

Dan perlu juga kita ketahui, kata sambung memang bermakna berbeda antara satu kalimat dengan kalimat lain, hal ini tergantung konten atau isi dari kalimat itu sendiri.

Contoh : kita menggunakan kata sambung since

Since dapat bermakna ganda, coba kita lihat kalimat dibawah ini.

Since I was an actor, my life was so unhappy ( since bermakna sejak )

Manc United was so weak since Ronaldo moved to Real Madrid ( since bermakna karena )

Nah oleh karena itu kita juga harus berhati-hati dengan kata sambung yang bisa bermakna ganda, karena makna kata sambung ini bisa berbeda beda tergantung dari konteks kalimat yang digunakan. Adapun kata sambung yang bisa bermakna ganda antara lain :

As ( bisa bermakna ketika dan karena )

For ( bisa bermakna untuk dank arena )

2. Kita harus mengetahui kata-kata sambung mana yang segolongan.

Segolongan disini maksudnya kata sambung itu bisa saling menggantikan dengan kata sambung lainnya. Seperti kata sambung but yang dapat digantikan dengan kata sambung however ataupun nevertheless. Kata sambung or juga bisa digantikan dengan kata sambung likewise. Kata sambung besides dapat digantikan dengan kata sambung moreover ataupun in addition to dsb. Nah jadi intinya kita harus tahu mana saja kata sambung yang segolongan agar dapat memudahkan kita dalam memahami sebuah kalimat.

3. Kita harus mengetahui penggunaan grammar kata sambung tertentu.

Beberapa kata sambung meskipun sama artinya akan tetapi mempunyai penulisan tata bahasa yang berbeda.

Contoh :

Jika kata sambung so dilekatkan pada sebuah kata adjective maupun adverd maka sesusah kata tersebut haruslah dibubuhkan kata that. “You are so beautiful that I can’t stop loving you”

Jikakata sambung though dan although itu mengawali sebuah kalimat, maka sebaliknya kata sambung despite/in spite of, because of haruslah mengawali sebuah gerund, noun ataupun pronoun. Coba perhatikan :

Although I didn’t study at home, I  passed the exam.

In spite of not study at home, I passed the exam

Oke semoga tips diatas berguna dan bermanfaat ya !!

Leave a Reply