Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

Friday, November 15th, 2013 - Tips

Dear sobat belajarbahasainggrisyuk.com

Gimana perkembangan belajar bahasa Inggris kamu? Sudah lancar atau masih sangat jauh dari yang diharapkan? Nah kali ini admin mau sharing cerita dikit nih gimana cara Admin supaya bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Silahkan di simak dan jangan lupa dicatet dalam kepala ya :D

Tentukan Tujuan Utamamu

Dulu sewaktu kecil Admin sama sekali nggak tau dan sama sekali nggak mengerti kenapa bahasa Inggris itu ada dan bisa-bisanya tuh bahasa dipelajari di negara kita, Indonesia. Padahal negara kita Indonesia kan punya banyak sekali bahasa daerah dan kayaknya kalo ga tau bahasa Inggris tentunya kita ga bakalan mati deh. Betul apa betul? Namun seiring berjalannya waktu Admin merasa kok semakin hari semakin banyak aja penggunaan bahasa Inggris dalam hidup ini. Apalagi waktu jaman dulu film Robocop kesayangan admin dan Channel Cartoon Network pake bahasa Inggris semua. Nah disitulah minat Admin timbul, tujuan terbesar Admin untuk belajar Bahasa Inggris adalah supaya bisa nonton film-film luar negeri tanpa melihat teks. Bagi Admin, nonton film luar negeri semacam Box Office itu ga seru kalo liat subtitlenya. Mau nonton film atau mau nonton subtitlenya hayo hayo?

Nah berangkat dari situlah Admin memperhatikan betul pembicaraan yang sering keluar dari mulut aktor dan aktris dalam film. Seiring berjalannya waktu, Adminpun menjadi terbiasa mendengar ucapan-ucapan kata Bahasa Inggris yang secara tidak sadar ikut melatih skill Listening Comprehension admin. Dan sekarang adminpun nggak perlu baca subtitle lagi. Hore keren kan? Nah.. jadi tentukan tujuan utama kamu sekarang supaya kamu semakin enjoy dan bersemangat untuk belajar bahasa Inggris!

Jangan Pernah Takut Salah

Dalam belajar bahasa Inggris kita nggak perlu takut dengan adanya kesalahan. Namanya juga belajar, kesalahan pasti muncul di sana-sini. Mungkin sebagian besar dari kamu ada yang takut salah nulis, takut salah arti, takut salah grammar dsb. Saran admin cuma satu Let it Flow aja.. Nanti juga kamu akan terbiasa dengan kesalahan itu dan memperbaikinya. Anggap aja kamu balita yang baru belajar bahasa Inggris. FYI.. Balita yang umur 5 tahun di Amerika yang belum sekolah aja udah pinter ngomong bahasa Inggris dan ngerti apa yang diomongin orang disekitarnya. Apakah mereka belajar grammar? Apakah mereka belajar vocabulary? Nggak kan? So belajar aja seperti balita. Nggak usah di paksain dan nggak usah terlalu diporsir. Coz nantinya secara nggak sadar kita pasti jago bahasa Inggris dengan sendirinya kok. Perlu bukti? Coba deh kamu belajar bahasa Inggris disela-sela waktu kamu secara rutin. 2 sampe 3 tahun kedepan kamu pasti merasa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris kamu. Dan akan lebih cepat lagi kalo kamu mengasah keterampilanmu dengan menggunakan software TOEFL.

Tapi ah 2 – 3 tahun itu waktu yang lama! Gue pengen yang cepet dan instan..! Sebenarnya sih ada cara yang instan dan cepat. Dan cara ini memang udah kebukti. Caranya yaitu kita datang langsung ke negara Barat seperti ke Amerika, Inggris ataupun Australia. Setidaknya perlu makan waktu 2-3 bulan untuk bisa fasih dan lancar berbicara bahasa Inggris disana. Tapi tentunya kita harus punya uang yang cukup banyak untuk pergi dan hidup ke sana. Itu jugalah alasan dan jawaban mengapa orang-orang kaya yang suka berpergian ke luar negri itu kebanyakan jago bahasa Inggris padahal mereka sama sekali nggak kursus bahasa Inggris. Sama halnya seperti orang batak yang merantau ke Jogja untuk melanjutkan kuliah, alhasil belum genap setahun bahasanya menjadi Medan Medok :D Semoga menginspirasi ya..  Bye Bye…

Leave a Reply