Perbedaan Countable Noun dan Uncountable Noun

Monday, February 27th, 2012 - grammar

Perbedaan Countable Noun dan Uncountable Noun

Countable noun dan uncountable noun adalah sama-sama kata benda, namun perbedaan mendasarnya dapat kita lihat dari bentuk kata bendanya. Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung sedangkan uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Akan tetapi letak titik permasalahannya di sini adalah bagaimana cara kita menghitungnya. Cara perhitungan yang dimaksud disini adalah perhitungan secara kasat mata. Yaitu perhitungan yang bisa dihitung dengan kondisi relative mudah secara real.

Oke sekarang kita ambil contoh kursi, apakah kursi bisa dihitung? Ya tentu saja bisa. Selanjutnya apakah gula bisa dihitung? Ya tentu saja juga bisa. Akan tetapi perhitungan yang kita maksudkan adalah perhitungan secara real dan kasat mata. Kursi secara kasat mata bisa dihitung jumlah satuannya, satu kursi,  dua kursi, tiga kursi dst. Akan tetapi dalam kasus gula, perhitungannya diperlukan sebuah takaran, yaitu kilogram contoh gula satu kilogram, dua kilogram dst. Nah kilogram disini adalah sebuah takaran atau timbangan yang mana takaran dan timbangan tersebut adalah merupakan suatu yang dimaksudkan untuk mengukur sebuah benda. Oleh karena itu gula termasuk kedalam uncountable noun.

Nah singkat cerita kata benda yang tidak bisa dihitung / uncountable noun itu adalah kata benda yang sebagiannya memang tidak bisa dihitung dengan angka dan atau sebagian lagi bisa dihitung akan tetapi menghitungnya tidak dengan mata telanjang tetapi memerlukan sebuah takaran seperti meteran, kilogram timbangan dst.

Oke mari kita lihat ciri masing-masing dari countable noun dan uncountable noun

COUNTABLE NOUN

  • Dapat mempergunakan article a dan an untuk kata benda yang berjenis tunggal.

Contoh :

Maria has an umbrella

  • Mempunyai bentuk plural.

Dikarenakan benda-benda tersebut dapat dihitung, maka kata benda tesebut secara otomatis haruslah memiliki bentuk plural.

Contoh :

Susan buys three books in Gramedia

  • Acapkali menggunakan kata many

Contoh :

Susan bring many cakes for me

COUNTABLE NOUN

  • Sebagian terdiri dari kata benda yang tak berwujud / Abstract noun

Contoh :

I don’t have much love

  • Tidak mempunyai bentuk plural

Contoh :

I like to consume a lot of sugar ( bukan sugars )

  • Tidak dapat menggunakan article a / an

Contoh :

I love to drink the fresh water ( bukan I love to drink a fresh water )

  • Acapkali menggunakan kata much

Contoh :

You have much time to go with her tonight

Oke semoga mengerti ya :)

Leave a Reply