Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Saturday, April 6th, 2013 - WRITING

Halo sobat Belajar Bahasa Inggris Yuk! Sehat selalu kan? Pastinya sehat donk dank dink donk :D

Oke kali ini ada request lagi nih. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris secara baik dan benar. Penulisan tanggal ini sering banget kita liat pada Surat Business Letter dalam Bahasa Inggris. Pada dasarnya ada beberapa cara  untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris. Adanya beberapa variasi penulisan ini dikarenakan penggunaan Bahasa Inggris itu berpatok pada dua pedoman yaitu American English dan British English. American English itu bahasa Inggris yang biasa dipake orang-orang benua Amerika dan sekitarnya sementara British English adalah bisa dikatakan sebagai dedengkotnya asal muasal bahasa Inggris itu sendiri. Oke kita simak dulu nyok!

CONTOH British: Day-Month-Year American: Month-Day-Year
1 the Fourteenth of April, 2015 April the Fourteenth, 2015
2 14th April 2015 April 14th, 2015
3 14 April 2015 April 14, 2015
4 14/4/2015 4/14/2015
5 14/4/15 4/14/15
6 14/04/15 04/14/2015

Nah dari tabel contoh diatas mana contoh yang salah? Eits tenyata contoh diatas nggak ada yang salah lho teman. Semuanya benar. Penulisan tanggal sebenarnya tergantung maksud dan tujuan kita.  Penulisan tanggal pada umumnya menggunakan contoh 2 dan 3 karena dianggap lebih formal. Sementara penulisan tanggal dalam memo atau buku catatan biasanya menggunakan contoh pada nomer 4 dan 5. Sedangkan contoh 6 biasanya dipake dalam komputer buat bikin invoice atau faktur penjualan gitu deh. Sementara contoh nomer satu itu biasanya banyak dipake dalam penulisan cerita novel. Yang suka baca novel bahasa Inggris pasti tau tuh :)

Nah untuk memudahkan kalian, Admin kasih nih cara penulisan hari dan bulan dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Penulisan Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan Nama Disingkat
1 January Jan
2 February Feb
3 March Mar
4 April Apr
5 May May
6 June Jun
7 July Jul
8 August Aug
9 September Sep
10 October Oct
11 November Nov
12 December Dec

Penulisan Urutan Tanggal dalam Bahasa Inggris

1st first 16th sixteenth
2nd second 17th seventeenth
3rd third 18th eighteenth
4th fourth 19th nineteenth
5th fifth 20th twentieth
6th sixth 21st twenty-first
7th seventh 22nd twenty-second
8th eighth 23rd twenty-third
9th ninth 24th twenty-fourth
10th tenth 25th twenty-fifth
11th eleventh 26th twenty-sixth
12th twelfth 27th twenty-seventh
13th thirteenth 28th twenty-eighth
14th fourteenth 29th twenty-ninth
15th fifteenth 30th thirtieth
31st thirty-first

Nah gimana udah ngerti kan sekarang ?. Ayo belajar terus di BelajarBahasaInggrisYuk.com  Jangan lupa dishare dan di like:D