Jenis – Jenis Paragraf serta Penulisannya dalam Bahasa Inggris

Monday, June 18th, 2012 - WRITING

DEFINISI PARAGRAF

Paragraf adalah kumpulan kalimat-kalimat yang memiliki 1 topik yang sama. Kalimat-kalimat tersebut terbagi atas pokok pikiran utama dan beberapa pikiran pembantu. Pokok pikiran utama dapat berada di awal, di tengah, di akhir atau keseluruhan kalimat yang ada dalam paragraf tersebut. Jika dalam 1 paragraf terdiri dari pokok pikiran utama secara keseluruhannya, maka paragraf tersebut tidak memiliki kalimat yang berfungsi sebagai pikiran pembantu.

Jenis – Jenis Paragraf

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis paragraf dan diantaranya akan jelaskan di bawah ini:

1. Descriptive Paragraph

Bagi kebanyakan orang, Descriptive Paragraf adalah paragraf yang paling mudah untuk dibuat. Descriptive Paragraph adalah paragraf yang digunakan untuk “menggambarkan” situasi, apa yang dilakukan orang dan apa yang dilihat orang. Descriptive Paragraph yang baik adalah paragraf yang membawa para pembaca untuk terjun langsung dan seolah-olah ia hadir disana dan langsung melakukan, melihat dan menyaksikan apa yang kita gambarkan.

Perhatikan contoh Descriptive Paragraph di bawah ini:

Hello. My name is Ismail Midi. I am 32 years old. I have straigth hair and a sharp nose. My skin is white. I have a small mole near my left eye. I am 170 cms. When I was a child I liked playing marbels very much. I could beat all of my freinds very easily.
(Hello. Nama saya Ismail Midi. Umur saya 32 tahun. Rambut saya lurus dan hidung saya mancung. Kulit saya putih. Ada tahi lalat di sebelah kiri mata saya. Tinggi saya 170 cm. Ketika saya masih anak-anak, saya suka bermain kelereng. Saya bisa mengalahkan semua teman-teman saya dengan sangat mudah)

2. Narative Paragraph

Narative Paragraph (Paragraf Narasi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir. Ada dua jenis narasi, yaitu Narasi informatif dan Narasi artistik.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Narasi di bawah ini:

I go to my office at 7 every morning. Having arrived at the office, I checked the all rooms in the office whether the Office Boy have cleaned them or not. Then I do exercise. After that I start to work.
(Saya pergi ke kantor pada jam 7 setiap pagi. Setelah saya sampai di kantor, saya mengecek semua ruangan di kantor apakah Office Boy kami sudah membersihkannya atau belum. Kemudian, saya senam pagi. Setelah itu saya mulai bekerja)

3. Argumentative Paragraph

Argumentative Paragraph (Paragraf Argumentasi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Argumentasi di bawah ini:

I always told my students to study all subjects, not only English. I told so because we didn’t know our future. My experience proved that when my English teacher didn’t come, I always studied Japanese. One day, when there was a competition of composing a Japanese Poem, I won it and made me a Radio Broadcaster.
(Saya selalu mengatakan kepada murid-murid saya untuk mempelajari semua ilmu, tidak hanya Bahasa Inggris. Saya mengatakan demikian sebab kita tidak akan tahu masa depan kita. Pengalaman saya membuktikan bahwa ketika guru Bahasa Inggris saya tidak datang, saya selalu belajar Bahasa Jepang. Suatu hari, ketika ada lomba mengarang puisi bahasa Jepang, saya dapat menjuarainya dan mengantarkan saya menjadi seorang Penyiar radio.)

4. Expository Paragraph

Expository Paragraph (Paragraf Eksposisi) adalah paragraf yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasa digunakan untuk menyajikan pengetahuan / ilmu, definisi, pengertian, langkah-langkah suatu kegiatan, metode, cara, dan proses terjadinya sesuatu.

Ciri-ciri paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Berisi tentang pendapat, gagasan, atau keyakinan penulis terhadap suatu masalah bidang tertentu
  • Uraian bersifat objektif, semata-mata hanya untuk menambah pengetahuan pembaca tanpa didasari maksud tertentu
  • Diperjelas dengan fakta yang dilengkapi dengan angka, peta, grafik, statistik, gambar atau bagan sebagai ilustrasi
  • Menggali melalui analisis dan sintesis
  • Paragraf diakhiri dengan penegasan, bukan ajakan atau permintaan dukungan

Paragrap Ekposisi terdiri dari:

  • Klasifikasi
  • Ilustrasi
  • Perbandingan/Pertentangan
  • Laporan
  • Proses
  • Definisi

Contoh Paragrap Eksposisi – Klasifikasi

The Government will provide assistance for a home to earthquake survivors. It is tailored to the level of damage. Residents whose homes were slightly damaged will receive about 10 million rupiahs, while those whose homes were severely damaged will receieve about 30 million rupiahs. The prospective recipients are determined by the local village officials with oversight of the NGOs.
(Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.)

Contoh Paragrap Eksposisi – Ilustrasi

original cloves come from Maluku Islands. The unopened flower buds is important spices. Besides its important usage as spice, a nail-shaped flower buds are good for cigarrette.
(Cengkeh asli berasal dari kepulauan Maluku. kuncup bunganya yang belum terbuka ialah rempahnya yang penting. Disamping penggunaan terpenting sebagai rempah-rempah, kuncup bunganya yang berbentuk paku juga baik digunakan untuk komoditi rokok.)

 Contoh Paragrap Eksposisi – Perbandingan/Pertentangan

In the field, the farmers cultivate vannamei shrimp. Although it is cheaper than tiger prawns, vannamei is resistance of various diseases, while the tiger prawns are very susceptible to the disease.
(Di lapangan, saat ini para petambak justru tengah membudidayakan benih udang vannamei. Meski harganya lebih murah dari udang windu. tetapi, udang vannamei punya keunggulan, yaitu tahan dari berbagai penyakit, sedangkan udang windu sangat rentan dengan penyakit.)

Contoh Paragrap Eksposisi – Laporan

Actually, not only ITS offers instant healthy home for Aceh or known by ITS Houses for Aceh. Center for Housing Research and Development Department of Public Works also offers a “Risha” (Rumah Instan Sederhana Sehat). The model is almost the same, easy mangled. The difference is, the structure and construction system. Risha is slightly more expensive, 20 million rupiahs for the type 36. However, it can reach 50 years of age because of structural components using reinforced concrete, reinforced steel plates at the joints. The strength to the earthquake have also been tested in the laboratory until the zoning of six.
(Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh. Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang. Bedanya, sistem struktur dan konstruksinya. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. Akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.)

Contoh Paragrap Eksposisi – Proses

Until the day 8, aid for earthquake victims in Yogyakarta have not been evenly distributed. It is seen in some areas of Bantul and Jetis, for example, in the village of Piyungan. Until now, the village residents of Piyungan only eat cassava. They took it from some residents gardens. If there are people who eat rice, it is the remains of rice they had collected beneath the rubble. Such conditions sshow that government assistance is less prevalent.
(Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.)

Contoh Paragrap Eksposisi – Definisi

Ozone therapy is a treatment of a disease by introducing oxygen, urni and ozone with high energy into the body via the blood. It is very beneficial for health, good for curing diseases that we suffer and as a disease prevention.
(Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen, urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.)

5. Definition Paragraph

Definition Paragraph (Paragraf Definisi) merupakan paragraf yang disusun dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa definisi atau batas pengertian. Definisi yang memenuhi syarat untuk ditetapkan adalah:

Definisi formal

  • Berkedudukan sama dengan defiendum
  • Letaknya bisa saling dipertukaran kelas dan pembeda harus berupa unsur yang diperlukan dan memadai
  • Bersifat pararel
  • Tidak diikuti sinonimnya
  • Tidak bersifat negatif

Definisi luas

  • Harus bisa memberika batasan secara luwes, dipakai untuk menjelaskan konsep yang tidak dapat dijelaskan dengan kalimat singkat

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Definisi di bawah ini:

The word enzyme comes from Greek, enzymas meaning to cause change. These enzymes are an essential element for making apple, banana or other fruit ripen and eventually decay. The enzyme presents in all living organisms, including in our bodies. Every chemical and biological reactions that occur in our bodies are always in need of enzymes as catalysts, ie substances that allow the occurrence of the reaction but it does not participate to react. The enzyme consists of three categories, namely metabolic enzymes, digestive enzymes and food enzymes.
(Kata Enzim berasal dari bahasa Yunani enzymas yang berarti menyebabkan perubahan. Enzim inilah yang merupakan unsur pembuat apel, pisang, atau buah lainnya menjadi matang dan sampai akhirnya membusuk. Enzim terdapat pada semua organisme hidup, termasuk juga berada pada tubuh kita. Setiap reaksi kimia dan biologi yang terjadi dalam tubuh kita selalu membutuhkan enzim sebagai katalisator, yaitu zat yang memungkinkan terjadinya reaksi tetapi tidak ikut bereaksi. Enzim terdiri dari 3 golongan, yaitu enzim metabolik, enzim pencernaan, dan enzim pangan.)


6. Persuasif Paragraph

Persuasive Paragraph (Paragraf persuasif) adalah suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Agar tujuannya dapat tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Klasifikasi di bawah ini:

We all know that the environmental condition of Jakarta is very terrible. Most of the rivers are dirty due to irregular waste disposal and uncontrolled air pollution from vehicles. These all can cause disruption for living in Jakarta, including humans. Our breathing can be interrupted and the beauty of Jakarta is polluted. Therefore, we as residents of Jakarta should seeks to preserve the environment of this city with a variety ways. Among these are the green program, the city park, and the prohibition of throwing garbage at any place. It can control the beauty of Jakarta.
(Kita semua mengetahui bahwa kondisi lingkungan Kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Banyak sekali sungai yang kotor akibat pembuangan limbah yang tidak teratur serta pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor yang semakin banyak. Ini semua dapat menyebabkan gangguan bagi makhluk hidup di Kota Jakarta, temasuk manusia. Pernapasan kita dapat terganggu dan keindahan Kota Jakarta tercemar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai penduduk Kota Jakarta berusaha untuk melestarikan lingkungan kota ini dengan berbagai macam usaha. Di antaranya adalah dengan penghijauan, pembuatan taman kota, dan pelarangan membuang sampah di sembarang tempat. Ini semua dapat mengendalikan keindahan Kota Jakarta.)