Contoh Recount Teks Bahasa Inggris

Thursday, November 29th, 2012 - WRITING

Halo sobat belajarbahasainggrisyuk.com !! Apa kabar nih? Masih sanggup Belajar Bahasa Inggris ? :D

Oke kali ini kita akan belajar mengenai RECOUNT TEXT. Pasti banyak yang bertanya-tanya Apa sih Recount Teks itu? Contoh Recount Teks itu gimana ya? Terus bedanya recount teks dengan jenis teks lain apa? Oke kita bahas satu-satu ya sobat BBIY.

Definisi dari recount teks sebenarnya sangat gampang banget nget nget… Intinya recount teks adalah jenis teks yang menceritakan sesuatu yang berhubungan dengan masa lampau. Sekali lagi yang mesti kita ketahui dan garis bawahi adalah teks ini seluruhnya mengacu kepada masa lampau, bukan masa sekarang apalagi ngomongin tentang masa depan (emangnya dukun hehehe).

Nah setelah kita ketahui inti dari recount teks adalah masa lampau, jadi otomatis kata yang digunakan yang paling mendominasi adalah PAST TENSE. Selain mempunyai ciri menggunakan kata Past Tense, Ciri-ciri recount teks yang paling signifikan adalah ceritanya mengalir dan mempunyai alur yang baik. Maksudnya alur yang baik adalah ceritanya itu punya kronologis. Masih bingung? Coba ingat-ingat kalian pernah nonton acara tv kayak SERGAP dan BUSER kan? Nah pasti kalian pernah denger ada suatu kejadian kejahatan, contohnya Apriani menabrak 7 orang pejalan kaki di Tugu Tani. Nah polisi pasti pengen tau alur alias kronologinya. Kronologi yang dimaksud itu adalah suatu proses kejadian dari awal sampai akhir. Jadi alurnya berurutan dan nggak kebolak-balik.

Terus contoh recount teks kayak gimana sih? Contohnya tinggal kalian cari aja peristiwa masa lampau terus ceritain deh. Karena fungsi dan kegunakan dari Recount Teks ini sendiri adalah untuk menceritakan kembali ( RETELL ). Contoh nih, kalian cerita tentang kekalahan tim Indonesia dipiala AFF 2010, itu termasuk recount teks. Kalian cerita tentang liburan tahun lalu juga recount teks. Kalian cerita tentang Jokowi kepilih jadi Gubernur DKI Jakarta juga termasuk kedalam recount teks. So.. gampang banget kan?

Oke untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat contoh recount teks tentang liburan dibawah ini.

Contoh Recount Text tentang liburan HOLIDAY

My holiday

 I’ve just got back from England. It’s the first time I have ever left Hong Kong without my parents. I was going on a student exchange tour to London. Fortunately, I met some new friends from all walks of life on the trip. Our group met for the first time at the airport. There were fifteen of us. We chatted for over ten hours on the flight to England. Once we arrived at Heathrow Airport, we then took a coach to one of the schools in Oxford.

On the first day we had lessons in the school campus until the coming of evening. We were all excited to know who would be our host. A rich or middle class family. My host mum was Candice. Her apartment was in an old historic building with beautiful gardens around it. She helped me to settle down and cooked a meal for me. Then my friends and I went to a disco in the town centre for the night’s entertainment.

The next day we went to London by underground for the whole day. We wanted to explore every corner of London’s streets. It was an amazing experience for us to discover the culture of the country. We shopped at Harrods after visiting Madam Tussaud’s Wax Museum. The museum was packed with lots of people and it was too crowded to take pictures with the wax characters. We found that there was a fast food booth at St Paul’s Park selling hot dogs which tasted delicious and only cost two pounds. They were about 20cm long. I couldn’t finish the whole thing.

There was one really memorable incident during the trip. My Italian roomates found out that our host mum was a lesbian! I could not believe this shocking fact and I did not dare to ask Candice about this matter.

The trip was fantastic. I learnt about British culture and met people from different backgrounds. I am determined to go to England again and explore the southern part of England.

Nah semoga mengerti ya temen-temen.. Jangan lupa dilike dan dishare biar temen-temen kalian tambah pinter bahasa Inggrisnya :)