Cara cepat Menguasai Bahasa Inggris

Monday, February 13th, 2012 - Tips

Belajar Bahasa Inggris

Banyak orang terutama pelajar yang bingung dengan pelajaran Bahasa Inggris. Sehingga tak jarang mereka mencari-cari cara bagaimana cara cepat dan instan kalau bisa satu hari satu malam langsung pintar dan faseh berbahasa Inggris. Tak jarang pula buku-buku yang beredar saat ini judulnya makin menjadi-jadi. Ada yang berjudul metode praktis bisa berbahasa inggris 1 x 24 jam, mahir berbahasa inggris secara cepat dan masih banyak lagi buku-buku yang berjudul fantastis yang menawarkan bisa fasih berbahasa Inggris dalam waktu yang relatif cepat. Ya kalau melihat buku-buku tersebut memang miris. Dilain sisi pembaca kepingin tau caranya bagaimana bisa lancar berbahasa Inggris, sementara dilain sisi dari penulis buku kepingin bukunya laku dan laris di pasaran. Tapi yang lebih miris lagi adalah pembaca yang tertipu, dikiranya beneran bisa cepat bisa fasih berbahasa Inggris eh malah udah berbulan-bulan nggak bisa-bisa dengan dalih bisa atau tidaknya tergantung keuletan “penumpang”. Ya memangĀ  miris sekali melihat pembeli buku tersebut yang telah mengeluarkan waktu dan biaya demi buku yang menawarkan ilmu instan itu.

Yang perlu diingat adalah di dunia ini tidak ada yang instan, semua butuh proses dan proses itu terkadang memakan waktu yang sedikit dan tak jarang pula yang menghabiskan waktu yang sangat panjang. Ya itulah hidup. Tapi intinya disini adalah kita harus bisa memahami konsep dan cara berpikir kita, sehingga tidak mudah terjebak dalam hal-hal seperti contoh kasus di atas.

Oke kembali kita ke judul, bagaimana cara cepat menguasai Bahasa Inggris? Yang jelas, cepatnya tidak mungkin sehari dua hari langsung jago ya. Yang pertama yang mesti kita ketahui adalah bahasa inggris itu adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk komunikasi. Jadi bahasa Inggris itu tidak hanya digunakan untuk komunikasi dimedia tulis, akan tetapi juga bisa lewat speakingnya, listeningnya, comprehensive readingnya dsb. Nah agar kita bisa jago baca tulis serta berbicara dengan bahasa Inggris maka kita harus tahu terlebih dahulu mengenai tata bahasa Inggris. Tata bahasa inggris biasa orang menyebutnya dengan istilah GRAMMAR. Nah jika kita sudah tau ya minimal 80% grammar dapat dipastikan kita bisa lancar berbahasa Inggris. Ini juga sebagai jawaban dari kita yang mencari-cari jawaban tentang apa sih yang mesti dipelajari dari Belajar Bahasa Inggris? Saran Saya adalah kita harus mengetahui tentang grammar terlebih dahulu. Karena dengan grammar kita bisa mengetahui garis besar dan pondasi berpikir dari Bahasa Inggris itu sendiri. Oke bagi yang lagi kepingin mendalami bahasa inggris yuk kita belajar grammar..

Ya mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.